TRIK MENJUAL WEBSITE


Nama   : Ahmad Maualana
Nim     : 310111011844

Pada jaman perkembangan teknologi yang cepat seperti sekarang, kebutuhan akan informasi juga sangat tinggi sehinngga banyak organisasi ataupun personal yang berlomba-lomba untuk menyediakn sumber informasi baik tetang dirinya sendiri ataupun untuk hal lain. Cara termudah untuk menampilkan adalah dengan membuat website. Hal ini membuat bisnis penualan website semakin banyak digemari, namun akan timbul pertanyaan “bagaimana cara menjual website?” atau “ apa yang harus dilakukan bila ingin menjual website. Untuk itu diperlukan sebuah trik untuk memudahkan penjual website untuk menawarkan websitenya terutma bagi penjual pemula.

Persiapan Penjualan website

Penjualan website bukan seperti penjualan jasa ataupun penjualan barang, penjualan website adalah gabungan keduanya, dimana pembeli meminta jasa pembuatan web untuk membuat produk yang nantinya akan diberinya. Hal ini membuat penjualan website juga membutuhkan persiapan yang merupakan gabungan dari penjualan jasa dan barang.
 
  • Kenali diri sendiri.
Pada dasarnya website adalah produk jasa, sehingga dibutuhkan keahlian dalam membuat membuatnya. Maka sebelum melalukan penjualan website maka penjual website harus mengetahui apa kemampuannya. Dengan tahu seperti apa kemampuannya akan memudahkan penjual website untuk menawarkan websitenya, misalnya penjual website memiliki keahlian menggunakan PHP maka dalam penawarnya dia dapat menawarkan website yang bisa dikerjakan dengan hanya menggunakan PHP. Hal ini penting karena tidak semua jenis website dapat dibuat menggunakan PHP, jangan sampai penjual terjebak dengan projek yang tidak mampu diselesaikannya.
 
  • Kenali calon pembeli.
Produk website adalah produk yang nantinya dibeli oleh pembeli sesuai dengan kebutuhan bisnis pembeli sehingga sangat penting untuk mengenali pembeli sebelum nantinya penjual menawarkan websitenya. Mengenali calon pembeli bukan hanya sekedar mengetahui kebutuhan pembeli namun juga soal biaya yang mampu di bayar kan, serta infrastruktur yang dimiliki pembeli untuk menunjang websitenya. Karena pertimbangan pembeli untuk memiliki website bukan hanya karena keunggulan website yang ditawarkan namun juga karena kemampuannya dalam memiliki website tersebut.
 
  • Kenali jenis transaksi.
Sebelum bertransaksi jual-beli website, penjual website harus memahami jenis-jenis transaksi yang nantinya akan ditawarkan kepada pembeli, tujuan utama dari hal ini agar didapatkan sebuah transaksi yang tidak memberatkan pembeli namun tetap memberikan keutungan bagi penjual website. Secara umum jenis transaksi dapat dikelompokan dalam: 

a. Jual-Beli

Transaksi jual-beli dilakukan dengan cara menjual website yang sudah selesai dibuat oleh penjual dan saat pembeli ingin membelinya pembeli hanya cukup melakukan penyesuaian terhadap website.
b. Kontrak

Untuk transaksi ini penjual akan terlebih dahulu membuat kesepakatan kerja baik kebutuhan pembeli,biaya serta lama pengerjaan setelah itu baru website dikerjakan, transaksi ini biasanya untuk sistem website yang sangat besar.
c. Berlangganan

Dan berlangganan adalah penggabungan dari transaksi jual-beli dan kontrak dimana pembeli bebas memilih bagaimana proses pembelinya websitenya baik secara jual-beli ataupun kontrak namun yang membedakan adalah pembayaran dilakukan setiap periode tertentu selama pembeli memakai websitenya

Penjualan dan Perawatan

Tahapan setelah penjual menjalan persiapan penjualan websitenya maka tahapan berikutnya adalah penjualan website. Dalam penjualan website bisa dilakukan dengan menjualnya lewat website penjual ataupun langsung mendatangi pembeli, namun untuk penjual pemula lebih baik langung menawarkan websitenya kepada pembeli. Hal ini karena penjual pemula masih belum membuatnya memiliki “ketenaran” yang bisa membuatnya dipercaya sementara biasanya pembeli lebih memilih penjual website yang bisa dipercayanya, sehingga dengan menawarkan langsung akan membuat pembeli lebih percaya. Kemudian setelah pembeli dapat menemukan pembeli yang harus dilakukan kemudian adalah:
 
  • Persetujuan konsep Website.
Sebelum adanya jual beli tetapkan dulu konsep website apa yang akan dibeli, pastikan pembeli tidak merubah konsep websitenya saat penjual mulai mengerjakan website yang sudah dipesan diawal. Merubah konsep website akan berpengaruh dengan lama waktu pengerjaan website.
 
  • Persetujuan pembayaran.
Sama halnya dengan persetujuan konsep website, model pembayaran atau transaksi harus dilakukan diawal. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada perawatan website.
 
  • Buat kesepatan proses perawatan.
Perawatan paling mendasar sebuah website adalah pemeliharaan hosting dan domain website. Perawatan ini akan dikerjakan oleh pihak layanan internet sehingga akan memerlukan biaya tambahan. maka tetapkan terlebih dahulu kesepakatan perawatn dan jangan sampai biaya perawatan ini ditanggung oleh penjual.


Trik Singkat

Beberapa trik yang boleh dicoba khususnya bagi para pemula agar penjualan websitenya lancar:
 
  • Buatlah contoh website.
Bagi pemula penjualan yang paling menghasilkan adalah dengan mnjual langusng website kepada calon pembeli hal ini tentu karean penjual pemula belum memiliki “nama” yang akan menarik pembeli sehingga akan lebih baik jika “jemput bola”. Untuk itulah diperlukan sebuah contoh website. Tujuannya untuk memperlihatkan bahwa penjual pemula juga memiliki kemampuan selain itu juga untuk membatasi keinginan pembeli untuk konsep websitenya karena sudah ada pola yang digambarkan dalam contoh website yang sudah dibawa.
 
  • Cepat bergerak.
Perkembangan informasi sangat lah cepat sehingga sebagai penjual website, dituntut untuk bergerak cepat dalam menawarkan website. Jangan sampai pembeli yang mencari, karena sudah pasti mereka akan mencari yang sudah “punya nama”.
 
  • Jangan ragu untuk melakukan penawaran.
Jika persiapan anda sudah matang, dimana penjual sudah mengetahui kemampuannya  dan siapa pembelinya, jangan ragu untuk membuat penawaran. Jangan “minder” jika ada penjual website lain yang memiliki produk lebih bagus karena belum tentu produk penjual lain mampu memenuhi kebutuhan sang pembeli.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul TRIK MENJUAL WEBSITE. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tugas-teknik-presentasi.blogspot.com/2014/05/trik-menjual-website.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 06 Mei 2014

Belum ada komentar untuk "TRIK MENJUAL WEBSITE"

Posting Komentar