TORCH (TOXOPLASMA, RUBELLA, CYTOMEGALOVIRUS, HERPES)

NAMA   : ENDANG EKAWATI 
NIM       : 3101 1101 1929



PENGENALAN TORCH

1. Apa Itu Virus Torch?

Torch adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dri empat jenis infeksi penyakit yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes. Ini merupakan virus yang berupa parasit yang ada didalam darah. Infeksi TORCH ini sering menimbulkan berbagai masalah kesuburan (fertilitas) baik pada wanita maupun pria sehingga menyebabkan sulit terjadinya kehamilan. Infeksi TORCH bersama dengan paparan radiasi dan obat-obatan teratogenik dapat mengakibatkan kerusakan pada embrio, dan juga menyerang saraf mata yang berakibat pada kebutaan.

A. Toxoplasma

Disebabkan oleh parasit yang disebut toxoplasma gondi. Toxoplasma berbahaya bila terjadi pada ibu hamil atau pada orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu (Mis:AIDS, Pasien Transpalasi organ yang mendapatkan obat penekan respon imun). Jika wanita hamil terinfeksi toxoplama maka akibat yang dapat terjadi adalah  keguguran(4%), lahir mati(3%) atau bayi menderita toxoplasma bawaan. Pada toxoplasma bawaan, gejala dapat muncul setelah dewasa.
B. Rubella
Rubella ditandai dengan demam akut, ruam  pada kulit dan pembesaran kelenjar getah bening. Infeksi ini disebabkan oleh virus rubella, dapat menyerang anak-anak dan dewasa. Pada wanita hamil muda dapat menyebabkan kelainan pada bayinya. Jika pada bulan pertama maka resiko terjadinya kelainan 50%, dan di trisemester pertama maka resikonya menjadi 25%.

C. Cytomegalovirus(CMV)

Infeksi CMV disebabkan oleh virus Cytomegalo, termasuk golongan virus keluarga herpes. Seperti halnya keluarga herpes lainnya, virus CMV dapat tinggal secara laten dalam tubuh dan merupakan virus yang berbahaya bagi janin. Jika ibu hamil terinfeksi maka janin yang dikandung mempunyai resiko tertular sehingga mengalami gangguan misalnya pembesaran hati, kuning, prkapuran otak, ketulian, retardasi mental dll.

D. Herpes

infeksi herpes pada alat genital(kelamin) diebabkan oleh virus Herpes simpleks tipe II (HSV II). Virus ini menjalar melalui serabut syaraf sensorik dan berdiam diganglion sistem syaraf otonom. Bayi yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi HSV II biasanya memperlihatkan lepuh pada kulit. Infeksi HSV II pada bayi yang baru lahir dapat berakibat fatal ( pada lebih dari 50 kasus).

2. Hewan-hewan penyebab dan menularkan virus torch

Pada Hal ini sesungguhnya bukan virus kucing, tetapi parasit darah. Memang parasit ini tumbuhnya di dalam tubuh binatang. Menurut penelitian di dalam ataupun di luar negeri, 70% penyebab penyakit ini adalah kotoran kucing. Kemudian melalui hewan lain yang menempel dalam makanan lalu masuk ke dalam tubuh manusia dan menyatu dalam darah. Penyebab utama dari virus dan parasit torch adalah hewan yang ada di sekitar kita, seperti :
  • Ayam
  • Kucing
  • Burung
  • Tikus
  • Anjing
  • Dll
Bisa juga dari memakan sayuran, daging setengah matang dan lainnya yang secara tidak langsung terinfeksi virus torch.

3. Yang dapat tertular virus torch

Yang dapat tertular oleh virus torch bukan hanya pada ibu hamil tetapi juga pada bayi, anak-anak, orang tua, dewasa, dari berbagai kalangan, usia, dan jenis kelamin. Apalagi dengan kondisi imunitas tubuh yang rendah virus torch dapat dengan cepat memasuki tubuh.

4. Mendiaknosa virus torch

      Seseorang yang terjangkit virus torch biasanya tanpa disertai gejala-gejala yang spesifi. Untuk mendeteksi dengan tepat jika tubuh kita terserang virus torch adalah dengan diagnosis untuk penyakit infeksi, antara lain ke arah pemeriksaan secara imunologis. Yaitu meliputi pemeriksaan virus Toxoplasma, Rubella, CMV dan Herpes.

5. Virus torch Pada Ibu Hamil

      Virus Torch dapat menyebabkan gagal hamil, yang disebut gagal hamil adalah janin atau bayi dilahirkan bisa cacat. Misalnya : kelainan pada saraf, mata, kelainan pada otak, paru-paru, mata, telinga, terganggunya fungsi motorik, hidrosepalus, organ tubuh bayi tidak lengkap, saat melahirkan  bayi yang dilahirkan mati, bayi yang dilahirkan jika dewasa akan mengalami gangguan” kesehatan. Dan pada ibu hamil pada saat mengandung terjadi keguguran dll.

6. Virus Torch Pada balita, anak-anak dan dewasa

        TORCH bisa menyerang otak (timbul gejala sering sakit kepala misalnya), menyebabkan sering timbul radang tenggorokan, flu berkepanjangan, sakit pada otot, persendian, pinggang, sakit pada kaki, lambung, mata, dan sebagainya. Pada balita dan anak-anak virus torch dapat menyebabkan kelainan pada kesehatan tubuh bahkan virus torch dapat mengakibatkan kematian pada balita dan anak-anak. Itu disebabkan sistem kekebalan pada tubuh balita dan anak-anak belum begitu besar. Pada dewasa virus torch dapat mengakibatkan gangguan-gangguan kesehatan, misalnya pernapasan dll.

7. Mencegah Tertular dan Terjangkit Virus Torch

  • Makan makanan yang bersih dan bergizi
  • Melakukan Vaksinasi
  • Makan-makanan yang matang
  • Biasakan cuci tangan sebelum makan
  • Jaga kebersihan alat makan
  • Tutup dengan baik makanan yang siap saji
  • Jaga kebersihan tubuh
  • Hindari kontak dengan penderita penyakit
  • Lakukan pemeriksaan sebelum kehamilan
  • Periksa kandungan secara terartur
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul TORCH (TOXOPLASMA, RUBELLA, CYTOMEGALOVIRUS, HERPES). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tugas-teknik-presentasi.blogspot.com/2014/05/torch-toxoplasma-rubella_16.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Jumat, 16 Mei 2014

Belum ada komentar untuk "TORCH (TOXOPLASMA, RUBELLA, CYTOMEGALOVIRUS, HERPES)"

Posting Komentar